Dewan Kesenian Pesisir Barat Berikan Tali Asih untuk Para Seniman

Pesisir Barat – Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Pesisir Barat , Hj, Septi Istiqlal, Menggelar Pentas Kesenian serta Pemberian Tali Asih bagi para Seniman Kabupaten Pesisir Barat , yang di laksanakan di Gedung KONI, pada Jum’at (22/04/22).

Dalam sambutannya, Septi Istiqlal , mengatakan Perkembangan seni tradisi di Kabupaten Pesisir Barat tidak terlepas dari peran dan jasa para seniman yang mempelajari, mendalami dan mengajarkan berbagai jenis kesenian kepada masyarakat di sekitarnya. Hal ini tentu wajib di apresiasi karena tanpa peran dari pelaku seni ataupun seniman maka perkembangan seni budaya di Kabupaten Pesisir Barat menjadi sesuatu hal yang sangat sulit.

Dewan Kesenian Pesisir Barat sebagai wahana untuk membina dan melestarikan potensi seni budaya daerah agar dapat terus lestari dan memasyarakat di Kabupaten Pesisir Barat, berupaya dengan sekuat tenaga untuk turut aktif dalam menggali dan melestarikan seni budaya khususnya di Kabupaten Pesisir Barat.

Baca Juga

Maka sebagai bentuk apresiasi Dewan Kesenian Pesisir Barat melaksanakan Kegiatan Pemberian Tali Asih untuk Seniman di Kabupaten Peissir Barat pada hari ini, yang bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Kabupaten Peisisr Barat ke 9 Tahun.

” Kegiatan ini “Pentas Kebudayaan dan Tali Asih untuk Seniman”. Disamping melaksanakan program rutin yaitu Pentas Kebudayaan yang pada saat ini bernuansa islami dalam rangka Bulan Suci Ramadhan di iringi dengan Pemberian Tali Asih kepada Seniman di Kabupaten Peissir Barat, ” Ujarnya

Selain itu, tujuan kegiatan ini adalah
Memberikan kesempatan kepada Sanggar Seni untuk dapat tampil membawa ragam seni yang ada, Menjalin silaturrahmi dengan pelaku seni (seniman) sekaligus pemberian Tali Asih kepada Seniman oleh Dewan Kesenian Pesisir Barat.

Penerima manfaat dalam Kegiatan Tali Asih ini adalah para seniman yang berjumlah 20 orang yang merupakan pembina dan pelaku seni budaya pada sanggar seni, komunitas adat, masyarakat dan lembaga pendidikan di wilayah Kabupaten Pesisir Barat dan 11 Talent mawalan sanggar seni Kartika Buana MAN 1 Pesisir Barat.

Sementara, Wakil Bupati Pesisir Barat, Zulqoini Syarif, menyampaikan kegiatan pemberian tali asih untuk seniman yang dilaksanakan oleh dewan kesenian kabupaten pesisir barat ini merupakan salah satu bentuk kepedulian sosial dalam konteks kesenian. yang bertepatan juga dengan hari ulang tahun kabupaten peisir barat ke 9 tahun.

Pemkab pesibar mengapresiasi dengan terselenggaranya kegiatan ini,semoga akan dapat menumbuhkan rasa kekeluargaan diantara pemerintah daerah dengan para pelaku seni tradisi dan budaya dalam menjunjung tinggi serta melestarikan adat budaya kita di kabupaten pesisir barat.

Menurut wabub, Kabupaten pesisir barat yang syarat akan nilai-nilai seni, budaya dan estetika harus dijaga keutuhan dan eksistensinya karena ini adalah jati diri kita bersama. saya yakin dan percaya dengan kepedulian yang kita miliki dalam rangka besama-sama menjaga kelestarian seni budaya akan memberikan kontribusi yang besar bagi kabupaten pesisir barat.

Selain itu, pesisir barat akan menyelenggarakan event tahunan bergensi yaitu penyelenggaraan kejuaraan selancar internasional krui pro surfing qs 5000 yang akan digelar di kabupaten pesisir barat pada tahun 2022 ini. sebagai masyarakat kabupaten pesisir barat kita semua patut merasa bangga karena telah diakuinya kejuaraan surfing internasional krui pro sebagai event internasional sehingga upaya untuk mewujudkan kabupaten pesisir barat menjadi destinasi wisata mancanegara akan segera terwujud serta mendapatkan dampak positif, yaitu mampu memutar roda perekonomian di daerah dan meningkatkan kunjungan pariwisata.

“” Marilah kita bersama- sama mendukung dan mensukseskan krui pro wsl qs 5000 yang akan kita laksanakan juni tahun 2022,” Pungkasnya. (Win)

LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *