Bunda PAUD Pesibar, Sosialisasikan Transisi PAUD-SD Tahun 2023

Pesisir Barat -Bunda PAUD Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar), Bunda Septi Istiqlal, membuka secara resmi Sosialisasi Transisi PAUD-SD Tahun 2023, di GSG (Gedung Serbaguna) Selalaw Labuhanjukung, Kecamatan Pesisir Tengah, Jumat (9/6/2023).

Sosialisasi tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan diikuti oleh para Kepala Sekolah jenjang PAUD-SD se-Pesibar; Pengurus Tim Penggerak-Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Pesibar; Ketua Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (HIMPAUDI); Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak (IGTK) Pesibar.

Dihadapan peserta sosialisasi, Bunda Septi mengatakan, transisi PAUD ke SD adalah kegiatan bersama yang mendasari transisi peserta didik PAUD ke SD/MI/sederajat dengan Proses Belajar Mengajar (PBM) di PAUD dan pendidikan dasar kelas awal harus selaras dan berkesinambungan serta mudah dipahami, dan juga anak-anak PAUD yang akan memasuki SD tidak harus bisa Calistung (membaca, menulis dan menghitung).

Baca Juga

“Anak-anak hanya mengenal huruf dan angka. Jadi apabila anak-anak PAUD yang akan masuk SD sudah bisa membaca, menulis dan menghitung maka itu sudah terhitung bonus,” tutur Bunda Septi.

Dijelaskannya, masa transisi yaitu masa saat anak memasuki kelas awal di SD menjadi masa yang sangat penting untuk menguatkan berbagai kemampuan sebagai pondasi pada anak, kematangan kognitif yang cukup untuk melakukan kegiatan belajar seperti dasar literasi, numerasi, serta pemahan tentang hal-hal yang mendasar yang terjadi.

“Pengenalan lingkungan sekolah baru sangat penting. Mengingat lingkungan TK berbeda dengan SD, sehingga sangat perlu diperkenalkan lebih dahulu supaya anak-anak bisa menyesuaikan diri ketika anak-anak masuk SD,” lanjut Bunda Septi

“Kepada anak-anakku yang saat ini sudah duduk di SD, agar kiranya bisa menyambut dengan baik adik-adik kalian nanti, berikan contoh yang baik untuk mereka,” harap Bunda Septi.

Kegiatan tersebut ditandai dengan penandatangan “Komitmen Bersama Mendukung Gerakan Transisi PAUD-SD Yang Menyenangkan” di Pesibar oleh Bunda PAUD Pesibar. (Win)

LAINNYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *